The Pengembangan Aplikasi “Indonesian Landmark” Berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality

  • Rahmah Atikah Khansa Politeknik Negeri Jakarta
Keywords: Android, Augmented Reality, Markerless, Unity3D, Virtual Button, Vuforia

Abstract

Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang mampu menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual pada sebuah alat perantara secara real-time. Penerapan teknologi Augmented Reality akan dilakukan pada penelitian ini untuk Pengembangan Aplikasi “Indonesian Landmark†berbasis Android. Penggunaan Objek 3D berupa peta Indonesia beserta landmark di masing-masing daerah akan memberi kesan nyata dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Platform Android digunakan untuk mempermudah distribusinya. Gambar penanda yang digunakan menerapkan teknik markerless. Penanda tersebut merupakan sebuah poster yang terdapat peta Indonesia di dalamnya, kamera pada smartphone android akan menangkap gambar tersebut dan menampilkan peta landmark beserta informasi pulau. Pengguna dapat memilih pulau menggunakan virtual button. Dengan pengembangan Aplikasi “Indonesian Landmark†ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang wilayah Indonesia, juga turut membantu memperkenalkan Landmark menarik di Indonesia kepada banyak kalangan.

Published
2017-11-28