Peningkatan Pemahaman Matematika Dasar Materi Bilangan Cacah Melalui Game Edukasi 2d Menggunakan Metode Mdlc

  • Andri Yanto STMIK IKMI CIREBON
  • Ade Irma Purnamasari STMIK IKMI Cirebon
  • Raditya Danar Dana STMIK IKMI Cirebon
  • Tati Suprapti STMIK IKMI Cirebon
  • Cep Lukman Rohmat STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Matematika, Game Edukasi, Bilangan Cacah

Abstract

Ilmu matematika sangat penting dalam  kehidupan sehari-hari terutama matematika bilangan cacah.Bilangan cacah dapat membantu anak untuk mengenal angka-angka,memudahkan dalam  melakukan penghitungan matematika. Seiring berjalannya perkembangan teknologi anak-anak lebih suka bermain game dari pada untuk belajar, perkembangan game di dunia semakin pesat, termasuk di Indonesia. Game memegang fungsi yang cukup penting sebagai sarana hiburan atau juga pendidikan. Untuk karena itu peneliti membuat sebuah game edukasi tentang matematika dasar bilangan cacah dengan tujuan memudahkan anak SD kelas III untuk belajar bilangan cacah. Dengan adanya game edukasi, diharapka  semangat anak untuk belajar akan lebih terpacu. Permainan dapat membuat anak senang dalam berhitung dan belajar matematika. Karena didalam game edukasi terdapat gambar yang muncul membuat anak tidak merasa bosan, karena sifat anak suka cepat jenuh. Game ini bertujuan untuk membuat kalangan anak-anak kelas 3 sekolah dasar lebih senang dalam belajar berhitung, memudahkan anak untuk belajar matematika bilangan cacah. Dari permasalah tersebut ditarik sebuah kesimpulan untuk memdapatkan sebuah solusi. Bahwa siswa-siswi membutuhkan media pembelajaran yang menarik terutama mengenai topik materi mata pelajaram yang sedang dibahas mengenai matematika bilangan cacah. Dengan membangun media pembelajaran pendukung berupa game edukasi matematika bilangan cacah sederhana.

References

d. H. 1 dwi krisbiantoro1, “game matematika sebagai upaya peningkatan,” vol. 10, no. 2, pp. 1–11, 2017.

a. R. P. Desyka a. Amanda, “pengembangan game edukasi pada mata pelajaran matematika materi bangun datar berbasis android di sdn 1 jepun,” joeict (jurnal educ. Inf. Commun. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 160–168, 2019.

r. Gunawan, t. Hendri prastyawan, and y. Wahyudin, “rancang bangun game edukasi perhitungan dasar matematika sekolah dasar kelas 3, 4 dan 5 mengunakan construct 2,” j. Interkom j. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. Dan komun., vol. 16, no. 1, pp. 46–59, 2021, doi: 10.35969/interkom.v16i1.134.

f. A. Rizal, b. Suyanto, and t. R. Yudantoro, “aplikasi game edukasi matematika dengan konsep aritmatika anak,” pp. 45–50.

m. Abdurohman, r. Husna, i. Ali, g. Dwilestari, and n. Rahaningsih, “penerapan model klasifikasi dalam tingkat kepuasan layanan publik kelurahan karyamulya dengan menggunakan algoritma decision tree,” inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 6, no. 1, p. 81, 2022, doi: 10.51211/imbi.v6i1.1678.

p. Studi, t. Informatika, p. Studi, s. Informasi, p. Studi, and r. Perangkat, “pengelompokkan hasil belajar siswa dengan metode clustering k-means saeful anwar 1) , tati suprapti 2) , gifthera dwilestari 3) irfan ali 4),” vol. 4, no. 2, pp. 60–72, 2022.

f. M. Basysyar, g. Dwilestari, a. Bahtiar, martanto, and d. N. Nuris, “market basketball analysis algorithm for determining products association,” iop conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1088, no. 1, p. 012040, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1088/1/012040.

f. M. Basysyar, “clustering data disabilitas menggunakan algoritma k-means di kabupaten cirebon,” jursima (jurnal sist. Inf. Dan …, vol. 9, no. 3, 2021.

s. Suhari, a. Faqih, and f. M. Basysyar, “sistem informasi kepegawaian mengunakan metode agile development di cv. Angkasa raya,” j. Teknol. Dan inf., vol. 12, no. 1, pp. 30–45, 2022, doi: 10.34010/jati.v12i1.6622.

s. M. A. K-means, . “kata kunci : data mining, kualitas, ujian nasional, algoritma k-means.,” vol. 10, no. 1, 2022.

c. L. Rohmat, i. Ali, t. Suprapti, and u. Aryanti, “aplikasi pemesanan online barbershop berbasis android untuk meningkatkan layanan,” vol. 4, no. 2, pp. 37–45, 2021.

y. A. Wijaya, n. Suarna, iin, r. Hamonangan, and r. Nining, “comparison of machine learning algorithm for santander dataset,” iop conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1088, no. 1, p. 012032, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1088/1/012032.

n. Suarna, y. A. Wijaya, mulyawan, t. Hartati, and t. Suprapti, “comparison k-medoids algorithm and k-means algorithm for clustering fish cooking menu from fish dataset,” iop conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1088, no. 1, p. 012034, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1088/1/012034.

s. Turangga and y. A. W, “analisis internet menggunakan parameter quality of service pada alfamart tuparev 70,” vol. 6, no. 1, pp. 392–398, 2022.

t. Hartati and y. A. Wijaya, “analisis data lalu lintas jaringan di kantor cangehgar cyber operation center menggunakan algoritma k-means network traffic data analysis at cangehgar cyber operation center office using k-means algorithm,” vol. 7, no. 1, pp. 75–84, 2022.

h. Putri, a. I. Purnamasari, a. R. Dikananda, o. Nurdiawan, and s. Anwar, “penerima manfaat bantuan non tunai kartu keluarga sejahtera menggunakan metode naïve bayes dan knn,” build. Informatics, technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 331–337, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1093.

a. Z. Zami, o. Nurdiawan, and g. Dwilestari, “klasifikasi kondisi gizi bayi bawah lima tahun pada posyandu melati dengan menggunakan algoritma decision tree,” j. Sist. Komput. Dan inform., vol. 3, pp. 305–310, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3892.

e. W. Ramadhona, t. Prasetya, and a. I. Purnamasari, “game edukasi ‘ nihongo kurabu ’ belajar bahasa menggunakan unity 2d berbasis android,” inf. Manag. Educ. Prof., vol. 6, no. 1, pp. 71–80, 2022.

a. Z. Zami, o. Nurdiawan, and g. Dwilestari, “klasifikasi kondisi gizi bayi bawah lima tahun pada posyandu melati dengan menggunakan algoritma decision tree,” j. Sist. Komput. Dan inform., vol. 3, pp. 305–310, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3892.

h. Putri, a. I. Purnamasari, a. R. Dikananda, o. Nurdiawan, and s. Anwar, “penerima manfaat bantuan non tunai kartu keluarga sejahtera menggunakan metode naïve bayes dan knn,” build. Informatics, technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 331–337, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1093.

Published
2022-06-24

Most read articles by the same author(s)