Pembuatan 3D Model Denah Panggung Menggunakan Teknik Subdivison Modeling
Abstract
Perkembangan desain komunikasi visual tiga dimensi saat ini berkembang pesat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan munculnya beberapa serial animasi tiga dimensi di televisi swasta. Tidak hanya digunakan dalam industri animasi, desain komunikasi visual tiga dimensi juga di gunakan dalam hal lain, seperti industri otomotif, industri game, pembuatan model sebuah bangunan, tata kota, ataupun pembuatan denah. Maka dari itu dalam penelitian ini dibuatlah 3D model dengan teknik subdivision modeling untuk denah panggung agar lokasi-lokasi yang terletak pada denah lebih mudah dimengerti oleh pengunjung, mulai dari desain panggung, lighting, hingga jalur-masuk penonton. Perangkat lunak untuk produksi desain denah panggung 3D karakter menggunakan perangkat lunak Maxon Cinema 4D, di mana perangkat lunak tersebut mempunyai alur kerja sendiri dalam mengolah produksi, khususnya mempersiapkan aset animasi 3D. Dalam pembuatan denah 3D ini metodologi yang digunakan adalah metodologi Luther. Diharapkan dengan dibuatnya denah ini dapat dijadikan sebagai sarana menambah wawasan generasi saat ini tentang kegunaan model 3D dalam berbagai bidang.Denah; 3D; Subdivision; modeling; luther
Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat pada situs e-jurnal ini dilindungi oleh Undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs (termasuk makalah) tanpa persetujuan pengelola situs atau penulis (khusus untuk materi makalah). Anda diperbolehkan untuk mengutip beberapa materi dalam makalah yang diterbitkan oleh KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer dengan mencantumkan sitasi yang merujuk pada situs e-jurnal ini.
Hak atas penggandaan materi yang terkandung pada situs e-jurnal ini dimiliki oleh Puslitbang Kopertip Indonesia selaku pengelola jurnal. Dilarang menggandakan materi makalah tanpa seijin pengelola jurnal.
All material contained in this e-journal site is protected by Law. Do not quotes any or all part of this site (including its papers) without the consent of this site manager or the author (for material contained in paper). You are permitted to quote some of material from papers published by KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer by citing this e-journal according to proper citation rules.
Copyright of materials contained in this e-journal site is owned by Kopertip Indonesia Foundation as journal manager. Do not duplicate any paper material without explicit permission from journal manager.