http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/issue/feed KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer 2018-11-26T06:26:25+01:00 Dr. Dadang Sudrajat journalcontact@kopertipindonesia.or.id Open Journal Systems http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/22 IMPLEMENTASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) UNTUK KLASIFIKASI JENIS DAUN MANGGA MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX 2018-11-26T06:26:01+01:00 Suhendri Suhendri hendry@stmik-amikbandung.ac.id Fauzan Muhammad Muharam fmuharam25@gmail.com Khoirida Aelani khoirida@stmik-amikbandung.ac.id <p>Mangga atau mempelam (<em>Magnifera Indica)</em> merupakan buah yang memiliki nilai komersial di Asia terutama Negara Indonesia, hal ini menjadi peluang bagi para pelaku bisnis seperti petani kecil bahkan perkebunan besar, namun untuk menanam dan membudidayakan pohon mangga, diperlukan bibit dan lingkungan atau lahan yang sesuai dengan jenis mangga yang ditanam. Sulitnya membedakan pohon mangga menjadi salah satu faktor kegagalan dalam penanaman mangga, karena apabila dalam suatu lahan terdapat lebih dari satu jenis mangga yang ditanam, tentunya akan sangat mempegaruhi kualitas buah yang dihasilkan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Salah satu solusi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menganalisis tekstur dari daun mangga menggunakan metode <em>Gray Level Co-occurrence Matrix</em> (GLCM) yang akan memperhitungkan derajat keabuan dari tekstur daun menjadi <em>matrix</em> <em>co-occurrence</em> serta melakukan pengklasifikasian berdasarkan jenis-jenis mangga menggunakan <em>Support Vector Machine</em> (SVM) yang dinilai tingkat akurasinya cukup tinggi . Menggunakan alat bantu pembelajaran MATLAB pengimplementasian analisis tekstur yaitu <em>Gray Level Co-occurrence Matrix</em> (GLCM), derajat keabuan dan <em>matrix</em> <em>c</em><em>o-occurrence</em> dapat diketahui, lalu disimpan kedalam bentuk Excel menggunakan Microsoft Excel sehingga akan memudahkan dalam melakukan klasifikasi, sedangkan klasifikasi <em>Support Vector Machine</em> (SVM)&nbsp; dilakukan dengan alat bantu Rapidminer.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Setelah penelitian ini diimplementasikan maka dari uji coba 150 daun mangga yaitu 50 daun Arumanis, 50 daun Pancarasa, dan 50 daun Manalagi, diketahui nilai rata-rata tingkat akurasi SVM dalam melakukan klasifikasi yaitu sebesar 64.67%, dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa keakuratan SVM pada penelitian ini berada diatas nilai ambang <em>kernel</em> yaitu 50% sehingga dinilai cukup baik.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2018-03-12T08:26:10+01:00 Copyright (c) 2017 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/28 Sistem Informasi Rekapitulasi Wisuda di Politeknik TEDC Bandung 2018-11-26T06:26:18+01:00 Aris Haris Rismayana rismayana@poltektedc.ac.id Angga Alfajeri angga.kuliah11@gmail.com <p>Rekapitulasi wisuda di Politeknik TEDC Bandung&nbsp; memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan akreditas kampus dan meningkatkan produktifitas kampus. Dari tahun ke tahun jumlah wisudawan di politeknik TEDC Bandung semakin bertambah, sehingga pihak kampus kesulitan dalam pengecekan informasi tentang wisuda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis masalah yang terjadi pada proses pengolahan data rekap wisuda pada jurusan Teknik informatika, yang kemudian membuat sebuah sistem informasi rekap wisuda agar menjadi salah satu solusi dari masalah yang ada.</p> <p>Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan framework codeigniter yang merupakan salah satu framework bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL sebagai basisdatanya. Metode pengujian yang digunakan yaitu metode black box testing untuk menguji kesesuaian kebutuhan pengguna dengan sistem yang dibangun. Pengujian dilakukan melalui diskusi yang didasarkan pendapat ahli (expert jugment) pada studi kasus di Politeknik TEDC Bandung jurusan Teknik Informatika.</p> <p>Hasil pengujian menunjukkan sistem yang dibangun memiliki kinerja yang bagus dalam hal kegunaan, fungsionalitas, export data, validasi data, tampilan yang resposive, waktu akses sistem yang cepat.</p> 2018-03-12T08:30:04+01:00 Copyright (c) 2017 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/30 Sistem Monitoring Suhu Cold Storage Menggunakan Data Logger Berbasis Arduino dan Visual Basic 2018-11-26T06:26:21+01:00 Dadan Saepul Ramdan ramdanplusplus@gmail.com Mochamad Naufal Wijaksana 32mochamadn@gmail.com <p>Vaksin dan obat – obatan merupakan dua komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas vaksin dan obat-obatan yaitu penyimpanannya, karena beberapa jenis vaksin maupun obat – obatan tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap suhu, sehingga memerlukan penyimpanan khusus agar kualitasnya terjaga dengan. Penyimpanan vaksin dan obat – obatan pada <em>cold storage</em> membutuhkan proses <em>monitoring</em> suhu&nbsp; secara real time. Proses <em>monitoring</em> tersebut terkadang menemui beberapa masalah diantaranya pengecekan yang masih dilakukan secara manual oleh <em>operator</em> sehingga masih terjadi kesalahan pencatatan dan kesibukan <em>operator</em> yang tidak bisa diperkirakan sehingga kegiatan <em>monitoring</em> suhu tidak dilakukan dengan efektif dan efisien. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi <em>monitoring</em> suhu <em>cold storage</em> menggunakan data <em>logger</em> berbasis <em>Arduino Uno</em> dan <em>Microsoft Visual Basic</em> sehingga kegiatan <em>monitoring</em> suhu dapat efektif, efisien dan meminimalisir kesalahan <em>operator</em>. Berdasarkan hasil pengujian <em>blackbox</em> dan penghitungan <em>User Acceptance Test</em> telah menunjukkan hasil yang diharapkan sebesar 82.5 % sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi <em>monitoring</em> suhu ini bisa mempermudah <em>operator</em> <em>cold storage</em> dalam melakukan pekerjaan <em>monitoring</em> suhu.</p> 2018-03-12T08:32:59+01:00 Copyright (c) 2017 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/21 Analisis dan Perancangan Aplikasi Administrasi Keuangan STMIK “AMIKBANDUNG” Berbasis Web dengan Menggunakan HTML Boostrap 2018-11-26T06:26:22+01:00 Wildan Fuady wildanfuady@gmail.com Lilis Diana diana.lilis@gmail.com <p>Saat ini perkembangan produk digital berlangsung sangat pesat. Hal ini terbukti dengan munculnya teknologi mobile yang semakin canggih dengan aplikasi yang semakin dinamis yang diluncurkan oleh para developer. Oleh sebab perkembangan aplikasi yang semakin maju, maka STMIK “AMIK BANDUNG” melihat perlu adanya perbaharuan dalam pengembangan aplikasi pencatatan administrasi keuangan pada kampus tersebut. Atas dasar kebutuhan tersebutlah maka penelitian untuk membuatkan aplikasi pencatatan administrasi keuangan dengan HTML Boostrap dilakukan. Hasilnya, aplikasi ini menjadi alternatif solusi yang dinamis yang dapat digunakan pada berbagai device seperti desktop atau mobile</p> 2018-03-12T08:35:13+01:00 Copyright (c) 2017 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/33 Tingkat Kematangan ( Maturity Level ) Tata Laksana Informasi Menggunakan COBIT 5 Pada Manajemen Program dan Proyek : Studi Kasus PT. XYZ 2018-11-26T06:26:25+01:00 Toeko Triyanto to.eko.triyanto@gmail.com <p>PT XYZ didirikan pada tahun 2013. Perusahaan ini telah menggunakan teknologi informasi dan memiliki divisi TI dengan sistem program dan informasi yang digunakan oleh perusahaan adalah produksi internal divisi TI. Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan maka banyak perubahan juga pada sistem informasi yang digunakan, hal tersebut membawa banyak proyek pembangunan dan penambahan sistem yang dilakukan oleh divisi IT. Dalam hal ini proyek yang sepenuhnya diatur oleh divisi IT memulai tahap awal untuk implementasi dan dikirimkan ke pengguna. Saat ini, belum pernah ada evaluasi untuk manajemen proyek yang dilakukan oleh IT. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi standarisasi yang spesifik, disini penulis menggunakan kerangka COBIT 5 yang berfokus pada proses BAI01 yang mengelola program dan proyek. Untuk menentukan responden yang dipilih adalah menggunakan RACI Chart untuk lebih kemudian dari daftar responden responder yang ditentukan yang akan mengisi kuesioner dengan metode purposive sampling. Membuat kuesioner berdasarkan pedoman praktis proses BAI01 COBIT 5 dengan menggunakan skala metode pengukuran guffman. Dari hasil evaluasi PT Morinaga Kino Indonesia memiliki tingkat kemampuan proses BAI pada level 3.04 dengan target level 4 sehingga memiliki gap 0,96 dengan perincian per sub proses yaitu BAI01.01 = 2,50, BAI01.02 = 2,60, BAI01 .03 = 3,05, BAI01.04 = 2,91, BAI01.05 = 3,40, BAI01.06 = 2,28, BAI01.07 = 4,67, BAI01.08 = 1,93, BAI01.09 = 3,05, BAI01.10 = 3,17, BAI01.11 = 2,90 , BAI01.12 = 3,37, BAI01.13 = 3,72, BAI01.14 = 3,07. Hal yang perlu diperbaiki adalah merencanakan sebuah proyek yang memiliki tingkat kemampuan 1,93.</p> 2018-03-12T08:37:32+01:00 Copyright (c) 2017 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer