Media Pembelajaran Game Edukasi Mengenalkan Anggota Tubuh Manusia Dalam Membantu Pengetahuan Dasar Anak Paud

  • Wayunita . STMIK IKMI Cirebon
  • Faturrohman . STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Rizki Rinaldi STMIK IKMI Cirebon
  • Yudiansyah Fauziauthor STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Game,, Anggota tubuh,, ADDIE,, Edukasi,, Anak

Abstract

Bagian-bagian tubuh manusia merupakan pengetahuan dasar yang harus dikenalkan oleh anak-anak. Dengan mengenal anggota tubuh maka anak juga bisa mengetahui fungsi bagian tubuh tersebut. Pengenalan bagian tubuh tersebut akan lebih mudah dipelajari melalui game edukasi. Tujuan pembuatan game ini adalah untuk memberikan pembelajaran mengenai pengenalan anggota tubuh manusia berbasis game 2 dimensi yang akan di implementasikan dalam system android smartphone.  Diciptakannya game ini berfungsi memberikan pengetahuan  anak sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar. Berdasarkan hasil analisis pengujian yang dilakukan di TK Al-Karomah, dengan kategori Skala Likert hasil pengujian yang dilakukan dengan sistem blackbox dan evaluasi responden menghasilkan hasil pengujian yang dilakukan kepada guru didapatkan hasil 85% dimana bisa diambil kesimpulan bahwa game edukasi ini efektif digunakan sebagai media alat bantu guru atau orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di pembelajaran anak usia dini. Dan dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap anak-anak didapatkan hasil 82% dimana bisa diambil kesimpulan bahwa game edukasi ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.

References

T. S. Santi, “Aplikasi Animasi Edukasi Anatomi Tubuh Manusia Dalam Bahasa Arab Pada Sd Ababil Kota Pagar Alam Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Betrik, vol. 12, no. 1, pp. 87–99, 2021, doi: 10.36050/betrik.v12i1.335.

A. Marzeki, “Implementasi Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Sebagai Pengenalan Dasar Belajar Anak Usia Prasekolah,” 2021.

F. Baihaqqi, N. Suarna, and O. Nurdiawan, “SISTEM INFORMASI GUDANG BERBASIS WEB UNTUK PENYIMPANAN BARANG DI PT MITRA SUKSES BANGUN BERSAMA,” 2023.

I. Heriyawan, U. Hayati, and O. Nurdiawan, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN CODEIGNITER DENGAN METODE SCRUM STUDI KASUS : PT SURYA MARGA SARANA,” 2023.

T. Abdi Mangun, O. Nurdiawan, and A. Irma Purnamasari, “LUNG CANCER ANALYSIS USING K-NEARST NEIGHBOR ALGORITHM,” Jurnal Teknik Industri sistem informasi dan teknik informatika, vol. 2, no. 2, pp. 58–61, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/jurnal_tinsika

Putriyana and O. Nurdiawan, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Kelulusan Siswa SMK Al Huda Kedungwungu Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Sunan Doe, vol. 1, no. 4, pp. 2985–3877, 2023, doi: 10.58330/ese.v1i4.202.

washilaturrizqi and Nurdiawan Odi, “Implementasi Algoritma C45 untuk menentukan penerimabantuan sosial,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 373–380, 2023.

D. Juliadi, B. Irawan, A. Bahtiar, and O. Nurdiawan, “PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWT DAN ASSOCIATION RULES PADA POLA PEMBELIAN PIZZA HUT,” 2023.

N. Suarna and O. Nurdiawan, “Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Snukel Menggunakan Metode Analisis System Usability Scale,” Jurnal Accounting Information System (AIMS, vol. 6, no. 1, pp. 30–38, 2023, doi: 10.32627.

B. Irawan and O. Nurdiawan, “ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGUNA GOJEK DAN GRAB PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN RANDOM FOREST,” 2023.

T. Yuliati, “Pengembangan Game Edukasi Animasi Anatomi Tubuh Dengan 3 Bahasa Untuk Anak TK Menggunakan Adobe Flash,” Ejournal.Polbeng.Ac.Id, p. 10, 2018.

Published
2024-02-29