https://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/issue/feed KOPERTIP : Scientific Journal of Informatics Management and Computer 2024-03-27T04:09:21+00:00 Dr. Dadang Sudrajat journalcontact@kopertipindonesia.or.id Open Journal Systems KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/238 Penerapan Algoritma Random Forest Dan Cross Validation Untuk Prediksi Data Stunting 2024-03-25T08:56:00+00:00 Fadellia Azzahra fadelliaazzahra3@gmail.com Nana Suarna nana.ikmi@gmail.com Yudhistira Arie Wijaya yudhistira.ikmi@gmail.com <p>Permasalahan yang seringkali terjadi pada anak dengan pertumbuhan yang tidak sesuai usianya merupakan kekurangan gizi kronis atau seringkali disebut <em>stunting. </em>Permasalahan anak <em>stunting</em> juga banyak terjadi di salah satu Kelurahan yang ada di Kota Cirebon yaitu di UPT Puskesmas XYZ, dari tingginya kasus <em>stunting</em> ini membuat Puskesmas menggelar kegiatan Posyandu rutin di setiap bulannya. Dari kegiatan Posyandu, Puskesmas akan memperoleh hasil laporan <em>stunting</em> dari pencatatan manual yang kemudian akan dilakukan penginputan data menggunakan <em>Microsoft Excel</em>. Pengidentifikasian dan penginputan data secara manual beresiko mengalami ketidaktepatan data serta status gizi yang menjadi indikator penentuan <em>stunting</em> yang beranekaragam dapat menghabiskan waktu lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu melakukan penerapan data <em>mining</em> dengan algoritma <em>Random Forest</em> dan <em>Cross Validation</em> untuk prediksi data <em>stunting</em>. Pada riset yang akan dilakukan bertujuan untuk mengetahui cara kerja algoritma <em>Random Forest </em>dan <em>Cross Validation</em> serta untuk mendapatkan nilai akurasi, presisi,<em> recall, </em>dan RMSE terbaik. Hasil riset yang telah dilakukan dengan penerapan metode algoritma <em>Random Forest</em> <em>&nbsp;</em>memperoleh hasil pengujian <em>confusion matrix</em> dengan pembagian data 90:10 dalam memprediksi BB/TB menampilkan perolehan nilai yang sangat baik untuk akurasi 77.55%, <em>recall </em>32.88%<em>, </em>presisi 21.97%, serta RMSE 0.402 dengan membuat model 40 pohon. Evaluasi dengan <em>Cross Validation</em> menghasilkan nilai terbaik pada 10-<em>fold</em> dengan mendapatkan nilai akurasi 78.33%, presisi 39.13%, <em>recall </em>25.01%, serta RMSE 0.428 dengan membuat model 100 pohon.</p> 2024-02-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 KOPERTIP : Scientific Journal of Informatics Management and Computer https://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/326 Media Pembelajaran Game Edukasi Mengenalkan Anggota Tubuh Manusia Dalam Membantu Pengetahuan Dasar Anak Paud 2024-03-25T08:56:00+00:00 Wayunita . Wayunita138@gmail.com Faturrohman . fatrurrohman@ikmi.ac.id Ade Rizki Rinaldi aderizki.ikmi@gmail.com Yudiansyah Fauziauthor fyudiansyah@piksiinputserang.ac.id <p>Bagian-bagian tubuh manusia merupakan pengetahuan dasar yang harus dikenalkan oleh anak-anak. Dengan mengenal anggota tubuh maka anak juga bisa mengetahui fungsi bagian tubuh tersebut. Pengenalan bagian tubuh tersebut akan lebih mudah dipelajari melalui game edukasi. Tujuan pembuatan game ini adalah untuk memberikan pembelajaran mengenai pengenalan anggota tubuh manusia berbasis game 2 dimensi yang akan di implementasikan dalam system android smartphone.&nbsp; Diciptakannya game ini berfungsi memberikan pengetahuan&nbsp; anak sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar. Berdasarkan hasil analisis pengujian yang dilakukan di TK Al-Karomah, dengan kategori Skala Likert hasil pengujian yang dilakukan dengan sistem blackbox dan evaluasi responden menghasilkan hasil pengujian yang dilakukan kepada guru didapatkan hasil 85% dimana bisa diambil kesimpulan bahwa game edukasi ini efektif digunakan sebagai media alat bantu guru atau orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di pembelajaran anak usia dini. Dan dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap anak-anak didapatkan hasil 82% dimana bisa diambil kesimpulan bahwa game edukasi ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.</p> 2024-02-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 KOPERTIP : Scientific Journal of Informatics Management and Computer https://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/352 Analisa Pengelompokkan Data Nilai Rapot Siswa Menggunakan Pendekatan Metode K-Means Di SMK Ponpes Manba’ul Ullum Cirebon 2024-03-27T04:09:21+00:00 Wahyu Prasetyo Aji wahyu.kece@gmail.com Umi Hayati umi.haya41@gmail.com Fadhil Muhamad Basysyar fadhilmbasysyar@gmail.com <p>Pendidikan adalah salah satu faktor terpenting dalam penentuan kemajuan suatu bangsa, Teknik clustering merupakan salah satu dari teknik pengolahan data. Namun, saat ini di SMK Ponpes Manba’ul Ullum Cirebon, data nilai rapot siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris ini masih di analisa menggunakan <em>Microsoft Excel</em>. Analisa data nilai rapot siswa yang dilakukan menggunakan <em>Microsoft Excel</em> rentan terjadinya ketidakakuratan data, Penelitian ini menerapkan metode <em>Knowledge Discovery in Database</em> (KDD). Salah satu metode untuk mengelompokkan data nilai rapot siswa adalah dengan metode <em>K-Means </em>untuk pengelompokkan dengan cara mengelola dan meningkatkan keakuratan data, sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat. Tujuan akhir penelitian ini yaitu membuat dan mengimplementasikan model analisa pengelompokkan data nilai rapot siswa menggunakan metode pendekatan <em>K-Means. </em>Hasil akhir menunjukkan bahwa dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan algoritma <em>clustering K-Means</em>, hasil <em>cluster</em> pada data nilai rapot siswa mata pelajaran bahasa inggris menggunakan perhitungan <em>Davies Bouldin Index</em> nilai yang paling mendekati angka 0 dengan percobaan <em>cluster</em> 2 sampai dengan 10 menghasilkan nilai k terbaik pada <em>cluster</em> 2 yaitu -0.541 dengan jumlah anggota <em>Cluster</em> 0 : 149 items, <em>Cluster</em> 1 : 30 items.</p> 2024-02-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 KOPERTIP : Scientific Journal of Informatics Management and Computer https://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/351 Klasifikasi Penyakit Jantung Menggunakan Perbandingan Algoritma Decision Tree Dan Naïve Bayes 2024-03-25T08:56:00+00:00 Khoirudin khoiruddin701@gmail.com <p><strong>- </strong>Pemanfaatan teknologi telah meluas diberbagai bidang salah satunya ialah pengolahan data dalam sektor kesehatan. Teknik klasifikasi merupakan salah satu dari teknik pengolahan data, Rata-rata nilai akurasi penyakit jantung adalah sebesar 81%. Namun, nilai akurasi tersebut masih belum memuaskan, karena nilai akurasi tersebut masih di bawah rata-rata sebesar 85%. Masalah baru muncul karena adanya akurasi yang rendah, sehingga dapat menimbulkan resiko kesalahan yang signifikan dalam mendeteksi penyakit jantung. Kecenderungan nilai rata-rata yang rendah menunjukkan adanya hambatan dalam keakuratan sistem klasifikasi penyakit jantung. Penelitian ini menerapkan metode <em>Knowledge Discovery in Database</em> (KDD). Merupakan metode proses ekstraksi informasi yang bermanfaat dari sebuah <em>database </em>yang sebelumnya belum diketahui dan tidak terlihat. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk memberikan dasar pertimbangan saat membuat keputusan. Hasil menunjukkan bahwa algoritma <em>Naïve Bayes</em> mencapai tingkat ketepatan yang lebih tinggi sebesar 88.52%. Selain itu, algoritma <em>Decision Tree</em> memperoleh tingkat ketepatan 85.25%. Sehingga, bisa ditarik kesimpulan bahwa algoritma <em>Naïve Bayes </em>menghasilkan kinerja lebih unggul dalam klasifikasi penyakit jantung pada dataset yang digunakan dalam penelitian ini, jika dibandingkan dengan algoritma <em>Decision Tree</em></p> 2024-02-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 KOPERTIP : Scientific Journal of Informatics Management and Computer https://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/241 Implementasi Aplikasi Tabungan Bank Sampah Berbasis Web Pada Bank Sampah Indah Makmur Kabupaten Cirebon 2024-03-25T08:56:00+00:00 Fathasya Meyra Arliansyah fathasyaarliansyah@gmail.com Agus Bahtiar agus.bahtiar.ikmi@gmail.com <p>Bank Sampah Indah Makmur merupakan suatu organisasi yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Kedungbunder, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon untuk mendukung program pengelolaan sampah pemerintah dengan menjalankan prinsip 3R (<em>reduce, reuse</em> dan <em>recyle</em>). Selain itu, Bank Sampah Indah Makmur juga dibuat sebagai sarana untuk mengedukasi dan membentuk perilaku pengelolaan sampah yang baik pada masyarakat. Namun, banyaknya nasabah yang terdaftar pada Bank Sampah Indah Makmur membuat pengelola bank sampah kewalahan dalam melakukan pengelolaan data karena pencatatan administrasinya masih dilakukan secara manual. Pencatatan administrasi manual tersebut menyebabkan data menjadi tidak rapih, sulit dikelola, tidak aman serta tidak efisien dalam proses pencatatannya karena pengurus harus menuliskan data transaksi penabungan dan penjualan sampah beberapa kali pada buku catatan yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu menyelesaikan masalah pengelolaan data yang ada dengan membangun dan mengimplementasikan Aplikasi Tabungan Bank Sampah Berbasis Web pada bank sampah Indah Makmur. Untuk membangun aplikasi tersebut, penulis menggunakan metode <em>Rapid Application Development</em> (RAD) dengan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai sistem databasenya. Adanya Aplikasi Tabungan Bank Sampah Berbasis Web ini dapat membantu mempercepat proses pencatatan transaksi, mempermudah proses pengelolaan data, serta menjaga keamanan data bank sampah.</p> 2024-02-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 KOPERTIP : Scientific Journal of Informatics Management and Computer