Analis Asosiasi Data Akses E-Commerece Menggunakan Algoritma Apriori

  • Syarif Maulana Yaasin STMIK IKMI Cirebon
  • Mulyawan STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih STMIK IKMI Cirebon
  • Riri Narasati STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Rizki Rinaldi STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Asosiasi, E-Commerece, Apriori

Abstract

Penggunaan jaringan internet sangat penting di era digitalisasi saat ini kususnya para pedagang online untuk bisa menjangkau customer nya di berbagai platform e-commerce atau situs jual beli online. Dalam hal ini Indocyber subnet Cirebon barat adalah salah satu perusahaan penyedia layanan internet di Cirebon. Selain memberikan layanan internet Indocyber juga akan memberikan edukasi(pelatihan) untuk para seller pada platform e-commerce. Pada awal pelatihan akan lebih memfokuskan beberapa platform e-commerce dahulu agar bisa lebih fokus dalam memahaminya. Masalahnya adalah belum adanya analisis untuk memberikan referensi platform apa saja yang tepat diberikan pada pelatihan tersebut. Maka menjadi penting mengetahui pola hubungan antar e-commerce tersebut.Data mining dapat menjadi salah satu solusinya. Data yang diproduksi dari client pengguna layanana internet itu sendiri akan menjadi bahan dataset yang akan dianalisis, yaitu dengan merecord beberapa e-commerce sebagai bahan itemset. Analisis yang dilakukan dengan metode asosiasi dan menggunakan algoritma A-priori yang akan membaca pola hubungan antar itemset dan minimal support yang diinginkan.Dengan melakukan data mining metode asosiasi menggunakan algoritma A-priori yang dilakukan, tujuannya yaitu mengetahui pola hubungan dari nilai support dan confidence terhadap itemset platform e-commerce. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 10141 log user dan diketahui 99 user unik yang telah mengakses platform e-commerce yang telah ditentukan, dan mendapatkan nilai confidence tertinggi yaitu 100% tingkat kepercayaan user, jika user mengakses shopee maka akan mengakses juga lazada, begitupun sebaliknya jika user mengakses lazada maka akan mengakses juga shopee. Sehingga dapat diketahui dan menentukan platform e-commerce apa yang relevan untuk bahan pelatihan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Kata Kunci: Data Mining, A-priori, Pelatihan, E-commerce, Indocyber.

References

Penggunaan jaringan internet sangat penting di era digitalisasi saat ini kususnya para pedagang online untuk bisa menjangkau customer nya di berbagai platform e-commerce atau situs jual beli online. Dalam hal ini Indocyber subnet Cirebon barat adalah salah satu perusahaan penyedia layanan internet di Cirebon. Selain memberikan layanan internet Indocyber juga akan memberikan edukasi(pelatihan) untuk para seller pada platform e-commerce. Pada awal pelatihan akan lebih memfokuskan beberapa platform e-commerce dahulu agar bisa lebih fokus dalam memahaminya. Masalahnya adalah belum adanya analisis untuk memberikan referensi platform apa saja yang tepat diberikan pada pelatihan tersebut. Maka menjadi penting mengetahui pola hubungan antar e-commerce tersebut.Data mining dapat menjadi salah satu solusinya. Data yang diproduksi dari client pengguna layanana internet itu sendiri akan menjadi bahan dataset yang akan dianalisis, yaitu dengan merecord beberapa e-commerce sebagai bahan itemset. Analisis yang dilakukan dengan metode asosiasi dan menggunakan algoritma A-priori yang akan membaca pola hubungan antar itemset dan minimal support yang diinginkan.Dengan melakukan data mining metode asosiasi menggunakan algoritma A-priori yang dilakukan, tujuannya yaitu mengetahui pola hubungan dari nilai support dan confidence terhadap itemset platform e-commerce. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 10141 log user dan diketahui 99 user unik yang telah mengakses platform e-commerce yang telah ditentukan, dan mendapatkan nilai confidence tertinggi yaitu 100% tingkat kepercayaan user, jika user mengakses shopee maka akan mengakses juga lazada, begitupun sebaliknya jika user mengakses lazada maka akan mengakses juga shopee. Sehingga dapat diketahui dan menentukan platform e-commerce apa yang relevan untuk bahan pelatihan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Published
2021-02-28

Most read articles by the same author(s)